Wednesday 5 January 2011

Tips dan trik pengaturan daftar kontak pada handphone

Pernahkah sobat bingung atau lupa nama dengan rincian kontak ini  siapa yah......?? Tips dan trik kali ini akan membuat sobat lebih mudah mengenali siapa pemilik kontak yang disimpan di daftar kontak sobat.


Karena jumlah daftar kontak yang ada di dalam memori handphone kita kian  hari kian bertambah banyak sehingga terkadang membuat kita lupa dengan siapa pemilik kontak ini. Bahkan di saat ada panggilan masuk, kita sharus berpikir terlebih dahulu sebelum menerima panggilan masuk tsb atau kita salah mengenali si penelpon Untuk menghindari hal seperti ini, berikut ada beberapa tips dan trik yang cukup effektif, takni:
  • Membuat daftar nama kontak yang terstuktur dengan ketentuan yang sobat tentukan sendiri.
  • Selalu melakukan update misalkan menghapus nama kontak atau nomor yang sudah tidak terpakai lagi (tidak bisa dihubungi lagi)
  • Menyimpan kontak pada memori handphone (karena pada memori telepon, kita bisa menulis nama dengan jumlah karakter yang lebih banyak serta bisa menggunakan fasilitas multi nomor pada satu nama kontak).
  • Menyimpan nomor telepon untuk nama kontak yang sama pada satu kontak nama (multi nomor) dan memberikan identitas pada masing masing nomor telepon (misal ponsel, kantor, rumah dll)
  • Menambahkan tulisan yang menjelaskan siapa kontak ini pada detail (rincian) di setiap daftar kontak. biasanya setiap nama kontak dissediakan sub kontak details misalkan nomor telepon rumah, nomor telepon rumah, alamat email, rincian dll




Yang simaksud dengan daftar nama kontak yang terstuktur dalam arti dengan membaca nama yang ada di daftar kontak, kita sudah bisa mengetahui siapa pemilik kontak ini. karena bisa saja kita mengenal dua orang atau lebih yang memiliki nama sama. Daftar nama kontak yang terstuktur misalkan seperti ini:
  • Memberikan satu suku kata awalan sebelum nama kontak untuk kategori nama: misal kantor (merujuk temean kantor), sepupu (merujuk nama nama sepupu), kampus (merujuk nama teman kampus).
  • Memberikan satu suku kata akhiran setelah nama kontak. Untuk yang satu ini bisa sobat atur untuk menjelaskan ciri ciri orang dengan nama kontak itu, misal: gemuk, kurus, tinggi dll.
Satu lagi tips dan trik penamaan kontak adalah memberikan titik pada awal nama kontak, misalkan ".sayangku", dengan demikian pada saat pencarian daftar nama kita hanya perlu menekan tombol angka 1 dan nama kontak tersebut akan muncul pada urutan pencarian yang paling atas. Tips dan trik yang satu ini juga bisa berfungsi memgelabui orang lain sehingga nama kontak dengan awalan titik tidak akan muncul pada daftar pencarian (karena nama kontak tersebut berada pada urutan terakhir pada daftar kontak).

Silahkan mencoba....... dan bila sekiranya tips ini bermanfaat, mungkin sobat dapat sekedar memberi komentar atau mendaftar untuk mengikuti blog ini.

No comments: