Monday, 27 December 2010

Terompet Tahun Baru Dari Botol Plastik bekas

Tahun baru indentik dengan terompet, sepertinya cocok sekali bila saya awali posting pertama blog ini dengan membagikan tips membuat terompet dari botol plastik bekas. Cocok sekali untuk merayakan malam tahun baru yang tinggal hitungan hari saja. Tidak seru rasanya malam tahun baru tanpa meniupkank terompet, apalagi terompet buatan sendiri.

Cara buatnya tidak sulit dan bahan dasar yang diperlukan juga mudah didapat dan murah karena bahan utamanya adalah BARANG BEKAS...

Ide terompet ini saya dapatkan dari karywan konpeksi saya yang membuat terompet dari gulungan bekas benang obras, mungkin bagi mereka yang berkecimpung di bidang konpeksi sudah akrab dengan terompet sejenis itu. Kemudian terlintas dalam di pikiran saya "bagaimana membuat duplikat terompet tersebut daari bahan bahan bekas yang mudah didapat..???" Setelah memikirkan dan melihat lihat barang barang bekas yang ada di rumah, dapatlah ide membuat terompet dari botol plastik. Pada percobaan pertama saya gagal karena botol plastik yang dipakai terlalu tipis dan lentur. akhirnya saya temukan botol plastik yang cukup tebal dan akhirnya jadilah Terompet tahun baru ciptaanku.

Wah.... ceritanya dah kepanjangan nih...! Oke--lah kita kembali ke janji saya untuk membagikan tips membuat terompet dari botol plastik bekas
Langkah pertama, carilah botol plastik dengan ketebalan yang memadai.(berapa tebalnya, saya sendiri tidak ukur...). tapi yang pasti "kekar" dan "tidak lentur". Saya sendiri memakai botol bekas dari "minuman penembah ion" bilang saja mereknya dengan inisial "PS".

Langkah kedua, persiapakan cutter, guntung, lakban, karet gelang, plastik lembaran atau karet balon tiup. catatan: karet balon tiup akan memberikan suara terompet yang keras.

Langkah ketiga, lepaskan tutup botol dan potonglah botol pada bagian tengah hingga terpotong menjadi dua bagian.

Langkah keempat, lubangi dasar botol dengan ukuran dua kali lebih besar dari luas mulut botol.

Langkah kelima, masukkan mulut botol kedalam bagian botol yang telah diberi lubang pada dasarnya. masukkkan hingga mulut botol sejajar dengan bagian luar dasar botol.




Langkah keenam, Tutup lubang pada dasar botol dan nulut botol dengan lembaran pastik atau karet balon tiup. Catatan.. lembaran plastik atau karet balon tiup harus menutupi  menyentuh dengan rapat dasar botol dan mulut botol.
Langkah ketujuh, ikat lembaran plastik atau karet balon tiup dengna karet gelang.

Langkah kedelapan, tutup tapat celah pada botol dengan lakban bening (boleh menggunakan lakban berwarna coklat tapi tampilannya pasti jelek). Karena bila ada celah maka pantulan getaran akan terganggu yang akhirnya mempengaruhi suara terompet.

Langkah kesembilan, hiasi terompet dengan kertas hias atau kertas berwarna untuk mempercantik terompet buatanmu.
Nah, terompet tahun baru dari botol plastik bekas sudah siap dimainkan... Tidak sulit bukan..??? Buktinya, cara buatnya saja tidak mencapai sepuluh langkah.

Selamat mencoba dan....
Selamat Merayakan Tahun Baru 2011

4 comments:

raviq irsya said...

wah.....thank you..3x bgt,, tip nya,, mau coba dulu ah.......

raviq irsya said...

aq skrg kan lg ada di brunei,,,slama ini klo mlm taon baru tak liat2 kyk e blm ada yg tiup trompet,,wah ini kbetulan skali,,bisa dong maen trompet hbs ini, biar Rameeeeee bgt, 1 lg trimksih bgt tip nya ya,,,

fe el said...

cra niup nya gmana gan

Sederhana - Membuat Kerajinan Tangan Tempat Permen Dari Barang Bekas Botol Plastik said...

Bunyi terompetnya gimana gan....hehehe