Wednesday 29 December 2010

Tips Menghentikan Cegukan

Tips dan trik paling efektif menghentikan cegukan adalah posisi tubuh pada saat meneguk segelas air..
Cegukan.... Sepertinya hal sepele namun bila berkepanjangan menjadi hal yang sangat mengganggu. Apalagi bila cegukan terjadi pada bayi yang baru lahir, kasihan si bayi karena seluruh tubuh mungilnya akan ikut bergetar bahkan bergerak

Seebelum memebahas tips dan trik menghentikan cegukan, ada baiknya bila kita mengenal terlebih dahulu apa itu cegukan dan apa penyebabnya. Menguktip dari wikipedia "Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus."

Lantas bagaimana cara menghentikan cegukan...??? Mungkin sobat juga sudah pernah tau berbagai cara menghentikan cegukan atau pernah googling untuk mencari tahum dan hasil temuannya sbb:
  • Meminum air hangat 
  • Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. Lakukan beberapa saat hingga cegukan hilang
  • Menahan nafas, karena dengan menahan nafas maka kadar karbondioksida di dalam darah meningkat, sehingga kecegukan berhenti.
  • Bernafas di dalam kantong kertas.
  • Minum segelas air dingin atau mengunyah roti kering atau es batu yang diserut.
  • Menarik lidah atau menggosok bola mata secara perlahan.
  • Membalik posisi tubuh dengan meletakan kepala dibawah kaki diatas.
Namun tips menghentikan cegukan yang akan saya bagikan sedikit berbeda tapi menurut saya paling efektif karena sudah saya terapkan selama puluhan tahun (sejak kecil). Caranya hanya pada trik posisi tubh saat meneguk segelas air minum, tak penting entah itu yang diminum adalah air hangat atau air dingin sekalipun. Yang terpenting adalah posisi tubuh saat meneguk segelas air minum adalah membungkuk dan segelas air dihabiskan dengan sekali menarik nafas. 

Sedangkan untuk menghentikan cegukan pada bayi adalah dengan memberinya ASI dan cegukan akan dengan sendirinya menghilang sejalan dengan masuknya ASI mengisis rongga rongga utara pada ruang pita suara. Namun tips terbaik adalah menghindari cegukan pada bayi dengan cara:
  • Jangan membiarkan bayi menghisap ASI dengan terburu buru.
  • Atasi aliran ASI yang terlalu deras, dengan cara menekan buah dada disekitar puting pada saat memberikan ASI pada bayi untuk mengatasi derasnya arus ASI yang keluar..
  • Dan cara terakhir adalah setiap selesai menyusui bayi, bayi sebaiknya dibiarkan terlungkup menghadap ke bahu atau paha ibunya sembari ditepuk tepuk ringan atau dielus elus punggungnya hingga bayi mengeluarkan suara "eeh" (suara gas yang keluar dari mulut bayi).
Demikian tips dan triks menghentikan cegukan... Semoga saja posting ini bermanfaat bagi para sobat. 

No comments: